Selasa, 13 April 2010

Belajar Kewarganegaraan dengan metode yang menyenangkan

CIVICS atau biasa dikenal dengan Pendidikan kewarganegaraan adalah materi yang mungkin bagi siswa bukan mata pelajaran yang favorit, apalagi isi materi dari pelajaran hanya melulu tentang negara dan bagaimana bernegara.
Menyampaikan materi pelajaran Kewarganegaraan seringkali merupakan tantangan yang besar bagi banyak guru, karena siswa cenderung tidak peduli dan bahkan lebih memilih tidur daripada mendengarkan teori-teori klasik yang membosankan dan kasus-kasus hukum yang tidak ada ujung pangkal penyelesaiannya.
Segala methode mungkin sudah dipakai oleh banyak guru demi tercapainya tujuan pembelajaran, ada beberapa metode yang mampu menarik perhatian siswa tetapi banyak pula metode yang gagal, alhasil siswa tidak mendapatkan ilmu tetapi malah mengalami kebosanan.
Di forum ini penulis ingin menyampaikan dan mengingatkan bahwa siswa dari SD sampai SMA adalah manusia-manusia kecil yang masih membutuhkan permainan, oleh karena itu untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tidak ada salahnya jika memasukkan unsur bermain dalam belajar, tentu saja permainan bagi anak SMA tidak akan sama dengan permainan anak SD maupun SMP , oleh karena itu game atau permainan dalam pembelajaran yang dipakai haruslah disesuaikan dengan usia maupun tipe siswa yang akan diajar.
Banyak game atau permainan yang bisa dipakai dalam menunjang pembelajaran yang pada akhirnya pencapaian tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.
Berbagai contoh game atau permainan yang bisa dipakai adalah
1. Monopoli tentu saja harus dimodifikasi terlebih dahulu dengan materi-materi Civics atau Kewarganegaraan yang akan disampaikan,
2. Roulette permainan dengn papan berputar yang memiliki score berbeda pada setiap warnya, siswa diminta memainkan dengan diberi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi, permainan ini bisa langsung dimainkan untuk seluruh siswa dalam kelas.
3. Teka-teki silang dengan pertanyaan-pertayaan materi dari Bab yang ingin diajarkan, hal ini menarik siswa untuk mencari jawaban dengan membaca materi terlebih dahulu
4. Papan pertanyaan : papan yang memiliki kantong-kantong yang berisi pertanyaan dan memiliki score pada masing-masing pertanyaan
5. Scrabble : permainan untuk menemukan kata-kata penting dalam mempelajari kewarganegaraan atau Civics

Masih banyak lagi permainan atau game yang bisa dipakai untuk menerangkan atau menjelaskan materi.
Jika permainan atau game dikemas dengan menarik pasti semua siswa akan berminat mencoba dan tanpa disadari materi yang ingin disampaikan dapat ditransfer ke semua siswa dengan mudah.
Untuk semua guru Pendidikan Kewarganegaraan selamat mencoba dan berimprovisasi dalam pembelajaran. Tuhan Memberkati
Contoh game pembelajaran yang lain buka di :
http://civicstoday.blogspot.com/2010/04/game-pembelajaran.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar